Selasa, 29 Mei 2012

rpp kelas 8 fiqh smt 1 dan 2 tahun pelajaran 2012/2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek       
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/I
Alokasi Waktu   :       x 40 menit 





I.       Standar Kompetensi   : Memahami tata cara sujud syukur, tilawah dan sahwi
II.    Kompetensi Dasar      :
1.    Menjelaskan pengertian sujud syukur, tilawah dan sahwi
  1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sujud syukur, tilawah dan sahwi
  2. Menghafal bacaan sujud syukur, tilawah dan sahwi
  3. Mempraktekkan sujud syukur, tilawah dan sahwi
III. Materi Pokok              :
Sujud syukur, tilawah dan sahwi
Pertemuan 1
Indikator   :
1.      Menjelaskan pengertian sujud syukur, tilawah dan sahwi beserta dalilnya
2.      Menjelaskan sebab-sebab sujud syukur, tilawah dan sahwi
3.      Melafalkan bacaan dalam sujud syukur, tilawah dan sahwi
Kegiatan Guru
1.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran
2.      Kegiatan Inti
  • Membantu siswa mengidentifikasi pengertian sujud syukur, tilawah dan sahwi
  • Membacakan dalil yang berkenaan dengan sujud syukur, tilawah dan sahwi
  • Mengidentifikasi penyebab sujud syukur, tilawah dan sahwi
  • Membacakan bacaan sujud syukur, tilawah dan sahwi
  • Tanya jawab tentang materi yang disampaikan
3.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
Pertemuan 2
Indikator   :
·         Melafalkan bacaan dalam sujud syukur, tilawah dan sahwi
·         Mendemonstrasikan sujud syukur, tilawah dan sahwi
Kegiatan Guru
4.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran
5.      Kegiatan Inti
  • Mengelompokkan siswa
  • Memberikan tugas untuk masing-masing kelompok
  • Mendemontrasikan tata cara sujud syukur, tilawah dan sahwi
  • Setiap kelompok melakukannya dan kelompok yang lain mengamatinya
  • Menjelaskan perbedaan antara sujud syukur, tilawah dan sahwi
6.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
Pertemuan 3
Indikator   :
·         Mendemonstrasikan sujud syukur, tilawah dan sahwi
Kegiatan Guru
7.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran
8.      Kegiatan Inti
  • Melanjutkan kegiatan pada pertemuan kedua (praktek sujud syukur dan sujud sahwi)
9.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

IV. Penilaian
            1.      Pertanyaan lisan
            2.      Ulangan harian
            3.      Tes perbuatan
V.           Sumber Belajar    : Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS


Mengetahui                                                                                Trenggalek,       Juli 2012
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                                 Guru Mata Pelajaran



IHSAN MAKIN, S.Pd                                                             …………………………                                         





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/I
Alokasi Waktu   :      x 40 menit 



I.        Standar Kompetensi   :
  • Menjelaskan tata cara pelaksanaan berdzikir dan berdo’a setelah shalat
II.     Kompetensi Dasar      :
1.      Menjelaskan ketentuan berdzikir dan berdo’a
2.      Menghafal bacaan dzikir dan do’a setelah shalat
3.      Menjelaskan manfaat dzikir dan do’a
4.      Mempraktekkan cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
III.  Materi Pokok
Dzikir dan Do’a
Pertemuan 1
Indikator
·         Menjelaskan pengertian dzikir, do’a dan dalilnya
·         Menjelaskan manfaat dzikir dan do’a
·         Menjelaskan ketentuan-ketentuan dzikir dan do’a setelah shalat

Kegiatan Guru
1.      Pendahuluan
1.      Memberi salam
2.      Menyapa dan mengabsen siswa
3.      Melakukan appersepsi
4.      Memulai pelajaran dengan basmalah
2.      Kegiatan Inti
·         Membantu siswa mengidentifikasikan pengertian dzikir dan do’a
·         Membacakan dalil yang berkenaan dengan dzikir dan do’a
·         Mengidentifikasikan manfaat dari dzikir dan do’a
3.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
·         Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari 
Pertemuan 2
Indikator
·         Menjelaskan ketentuan-ketentuan dzikir dan do’a setelah shalat
·         Mempraktekkan cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
Kegiatan Guru
4.      Pendahuluan
5.      Memberi salam
6.      Menyapa dan mengabsen siswa
7.      Melakukan appersepsi
8.      Memulai pelajaran dengan basmalah
5.      Kegiatan Inti
·         Melafalkan dzikir dan do’a setelah shalat di usahakan dihafalkan
·         Mendemonstrasikan tata cara berdzikir dan berdo’a
6.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari    
Pertemuan 3
Indikator
·         Mempraktekkan cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
Kegiatan Guru
1. Pendahuluan
9.      Memberi salam
10.  Menyapa dan mengabsen siswa
11.  Melakukan appersepsi
12.  Memulai pelajaran dengan basmalah
2.      Kegiatan Inti
·         Mengelompokkan siswa
·         Mensimulasikan praktek berdzikir berdo’a
·         Setiap kelompok mengamati praktek kelompok lainnya
3.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari    
Pertemuan 4
Indikator
·         Mempraktekkan cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
Kegiatan Guru
1.      Pendahuluan
·         Memberi salam
·         Menyapa dan mengabsen siswa
·         Melakukan appersepsi
·         Memulai pelajaran dengan basmalah
2.      Kegiatan Inti
·         Melanjutkan praktek dzikir dan do’a sesudah shalat fardhu
3.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
·         Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari    
Pertemuan 5
Indikator
·         Mempraktekkan cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
Kegiatan Guru
1.      Pendahuluan
·         Memberi salam
·         Menyapa dan mengabsen siswa
·         Melakukan appersepsi
·         Memulai pelajaran dengan basmalah
2.      Kegiatan Inti
·         Mempraktekkan dzikir dan do’a sesudah shalat fardhu secara individu (penilaian)
·         Tanya jawab sekitar materi dzikir dan do’a
3.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
·         Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari    
  

IV.  Penilaian
1.      Pertanyaan lisan
2.      Ulangan harian
3.      Tes perbuatan
V.           Sumber Belajar        : Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS









Mengetahui                                                                                Trenggalek,       Juli 2012
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                                 Guru Mata Pelajaran



IHSAN MAKIN, S.Pd                                                             WIJIATIN, S.Pd
NIP. …………………………                                                  NIP. ………………….














Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek      
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/I
Alokasi Waktu   :      x 40 menit 




I.        Standar Kompetensi   :  Memahami tata zakat fitrah
II.     Kompetensi Dasar      : 
1.      Menjelaskan ketentuan–ketentuan zakat fitrah
2.      Menjelaskan akibat-akibat bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat fitrah
3.      Mempraktekkan zakat fitrah

III.  Materi Pokok             
Zakat Fitrah

Pertemuan 1
Indikator
·         Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan dalilnya
·         Menjelaskan ketentuan-ketentuan zakat fitrah
·         Menyebutkan orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah
·         Menyebutkan orang-orang yang tidak berhak menerima zakat fitrah

Kegiatan Guru
1.      Pendahuluan
·         Memberi salam
·         Menyapa dan mengabsen siswa
·         Melakukan Appersepsi
·         Memulai pelajaran dengan basamalah
2.      Kegiatan inti
·         Membantu siswa mendefinisikan pengertian zakat fitrah
·         Melafalkan dalil berkenaan dengan zakat fitrah
·         Mengidentifikasi manfaat dari zakat fitrah
·         Mengidentifikasi juga orang yang berhak menerima zakat fitrah dan yang tidak
·         Mendemonstrasikan bagaimana menunaikan zakat fitrah
3.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
·         Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari
    Pertemuan 2
Indikator
·         Mempraktekkan zakat fitrah
·         Mengetahui hikmah zakat fitrah
Kegiatan Guru
4.      Pendahuluan
·         Memberi salam
·         Menyapa dan mengabsen siswa
·         Melakukan Appersepsi
·         Memulai pelajaran dengan basamalah

5.      Kegiatan inti
·         Mengelompokkan siswa
·         Menstimulasikan praktek zakat fitrah dan setiap kelompok mengamatinya
·         Tanya jawab sekitar materi zakat fitrah
6.      Penutup
·         Menyimpulkan materi bersama-sama
·         Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
·         Melakukan refleksi tentang materi yang di pelajari

IV.  Penilaian
1.       Pertanyaan lisan
2.       Ulangan harian
3.       Tes perbuatan
V.                                                                                      Sumber Belajar          :           Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS












Mengetahui                                                                                Trenggalek,       Juli 2012
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                                 Guru Mata Pelajaran



IHSAN MAKIN, S.Pd                                                             WIJIATIN, S.Pd
NIP. …………………………                                                  NIP. ………………….









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek       
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/I
Alokasi Waktu   :      x 40 menit 




I.   Standar Kompetensi   :  
  • Membiasakan menginfaqkan harta di luar zakat
II. Kompetensi Dasar     :
  • Menjelaskan macam-macam cara menginfaqkan harta di luar zakat.
  • Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah.
  • Mempraktekkan shadaqah, hibah dan hadiah. 

III. Materi Pokok
Infaq harta di luar zakat

Pertemuan 1

Indikator
·         Menjelaskan pengertian shadaqah, hibah dan hadiah serta menyebutkan dalilnya
·         Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah,   hibah dan hadiah.

Kegiatan Guru
1.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran dengan basmallah

2.      Kegiatan Inti
  • Membantu siswa mengidentifikasi pengertian shadaqah, hibah dan hadiah
  • Membacakan dalil yang berkenaan dengan shadaqah, hibah dan hadiah
  • Mengidentifikasi rukun-rukun shadaqah, hibah dan hadiah
  • Bercerita tentang kisah orang yang suka bershadaqah, hibah dan hadiah.

3.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya.

Pertemuan 2

Indikator
·         Menceritakan manfaat/hikmah  orang yang suka bershadaqah, memberi hibah dan hadiah.
·         Mensimulasikan shadaqah, hibah dan hadiah

Kegiatan Guru
4.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran dengan basmallah


5.      Kegiatan Inti
  • Mengelompokkan siswa
  • Memberikan tugas untuk masing-masing kelompok
  • Mensimulasikan praktek bershadaqah, hibah dan hadiah
  • Setiap kelompok mengamati peraktek kelompok lainnya

6.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya.

Pertemuan 3

Indikator
·         Mempraktekkan shadaqah, hibah dan hadiah

Kegiatan Guru
7.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran dengan basmallah

8.      Kegiatan Inti
  • Melanjutkan praktek shadaqah, hibah dan hadiah

9.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya.

IV. Penilaian                      : 
·         Pertanyaan Lisan
·         Ulangan Harian
·         Tes perbuatan


V. Sumber Belajar            : Buku Paket Fiqih MTs Kelas I, Drs. Amir Abyan, MA., Alat-alat yang biasa digunakan shadaqah, hibah dan hadiah, kumpulan cerita orang yang suka bershodaqah, hibah dan hadiah dan LKS







Mengetahui                                                                                Trenggalek,       Juli 2012
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                                 Guru Mata Pelajaran




IHSAN MAKIN, S.Pd                                                             WIJIATIN, S.Pd
NIP. …………………………                                                  NIP. ………………….









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs plus Raden Paku Trenggalek 
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/I
Alokasi Waktu   :    x 40 menit 




I.       Standar Kompetensi   : Memahami tata cara berpuasa
II.    Kompetensi Dasar      : 1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan puasa
2.  Menjelaskan macam-macam puasa
3.  Mempraktekkan puasa Ramadhan, Nadhar dan Sunnah
III. Materi Pokok              :
Puasa
Pertemuan 1
Indikator                            :
·         Menjelaskan pengertian puasa Ramadhan, Nadhar dan sunnah
·         Menjelaskan macam-macam puasa dan hukumnya
·         Menjelaskan ketentuan-ketentuan puasa
·         Mempraktekkan puasa Ramadhan, Nadhar dan sunnah
Kegiatan Guru
  1. Pendahuluan
a.       Memberi salam
b.      Menyapa dan mengabsen siswa
c.       Melakukan appersepsi
d.      Memulai pelajaran dengan basmalah
  1. Kegiatan Inti
a.       Membantu siswa mtengidentifikasi pengertian puasa Ramadhan, Nadhar dan Sunnah
b.      Secara bersama-sama membaca dalil yang berkenaan dengan puasa Ramadhan, Nadhar dan Sunnah
c.       Mengklasifikasi macam-macam puasa, rukun-rukunnya dan hukumnya
d.      Membuat kelompok (small group discussion)
e.       Setiap kelompok membahas berbeda-beda tema (Puasa Ramadhan, Puasa Nadhar, dan Puasa Sunnah)
f.       Menjelaskan persamaan dan perbedaan tema (Puasa Ramadhan, Puasa Nadhar, dan Puasa Sunnah)
g.      Presentation
  1. Penutup
a.       Menyimpulkan materi bersama-sama
b.      Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
c.       Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya

IV. Penilaian
            4.      Pertanyaan lisan
            5.      Ulangan harian
V.           Sumber Belajar        : Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS
















Mengetahui                                                                                Trenggalek,       Juli 2012
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                                 Guru Mata Pelajaran




IHSAN MAKIN, S.Pd                                                             WIJIATIN, S.Pd
NIP. …………………………                                                  NIP. ………………….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek 
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/II
Alokasi Waktu   : 6 x 40 menit 




I.       Standar Kompetensi   :
  • Memahami tata cara haji
II.    Kompetensi Dasar      :
·        Menjelaskan ketentuan-ketentuan ibadah haji
·        Menjelaskan macam-macam haji
·        Mempraktekkan manasik haji
III. Materi Pokok              :
Haji
IV. Indikator                      :
  1. Menjelaskan pengertian haji dan dalilnya
  2. Menjelaskan hukum haji, syarat wajib haji dan syarat sah haji
  3. Menjelaskan rukun dan wajib haji
  4. Menjelaskan macam-macam haji dan perbedaannya
  5. Menjelaskan apa yang disunnahkan dan apa yang dilarang dalam ibadah haji
  6. Menjelaskan perbedaan miqat makani dan miqot zamani
  7. Mempraktekkan haji
Kegiatan Guru

1.      Pendahuluan
  • Memberi salam
  • Menyapa dan mengabsen siswa
  • Melakukan appersepsi
  • Memulai pelajaran dengan basmalah
2.      Kegiatan Inti
  • Membantu siswa mengidentifikasi pengertian haji
  • Membacakan dalil tentang haji dan dasar hukumnya
  • Mengidentifikasi syarat wajib, syarat sah dan rukun haji
  • Berdiskusi tentang macam-macam haji dan perbedaannya
  • Mengidentifikasi tentang apa yang disunnahkan dan apa pula yang dilarang dalam ibadah haji
  • Berdiskusi tentang perbedaan miqat makani dan miqat zamani
  • Mengelompokkan siswa untuk mengidentifikasi tentang ketentuan-ketentuan haji
  • Setiap kelompok mempresentasikan tata urutan ibadah haji
  • Mendemonstrasikan manasik haji di lapangan
3.      Penutup
  • Menyimpulkan materi bersama-sama
  • Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
  • Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya
V.    Penilaian
            6.      Pertanyaan lisan
            7.      Ulangan harian


VI.        Alokasi Waktu         : 4 x 40 menit
VII.     Sumber Belajar        : Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS












Mengetahui                                                                                                                    Trenggalek,       Januari 2013
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                     Guru Mata Pelajaran



IHSAN MAKIN, S.Pd                                                 WIJIATIN, S.Pd
NIP. …………………………                                                                                      NIP. ………………….













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek 
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/II
Alokasi Waktu   : 6 x 40 menit 




I.       Standar Kompetensi   : Memahami tata cara Umrah
II.    Kompetensi Dasar      : 1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan Umrah
2.  Mendemonstrasikan Umrah
III. Materi Pokok              :
Umrah
IV. Indikator                      :
1.      Menjelaskan pengertian Umrah dan dalilnya
2.      Menjelaskan syarat sah Umrah
3.      Menjelaskan tata urutan pelaksanaan Umrah
4.      Menjelaskan miqat Umrah
5.      Mempraktekkan ibadah Umrah
Kegiatan Guru
  1. Pendahuluan
a.       Memberi salam
b.      Menyapa dan mengabsen siswa
c.       Melakukan appersepsi
d.      Memulai pelajaran dengan basmalah
  1. Kegiatan Inti
a.       Membantu siswa mengidentifikasi pengertian Umrah
b.      Membacakan dalil tentang Umrah
c.       Mengidentifikasi syarat sah Umrah
d.      Berdiskusi tentang tata urutan pelaksanaan Umrah
e.       Mengelompokkan siswa untuk mengidentifikasi miqat Umrah
f.       Setiap kelompok mempresentasikan tata urutan ibadah haji
g.      Mendemonstrasikan Umrah di lapangan
  1. Penutup
a.       Menyimpulkan materi bersama-sama
b.      Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
c.       Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya
V.    Penilaian
1.      Pertanyaan lisan
2.      Ulangan harian
3.      Tes perbuatan

VI.        Sumber Belajar    : Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS








Mengetahui                                                                                                                    Trenggalek,       Januari 2013
Kepala MTs Plus Raden Paku Trenggalek                     Guru Mata Pelajaran



IHSAN MAKIN, S.Pd                                                 WIJIATIN, S.Pd
NIP. …………………………                                                                                      NIP. ………………….


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Text Box: Nama Madrasah  : MTs Plus Raden Paku Trenggalek 
Mata Pelajaran  : Fiqih
Kelas/Smt   : VIII/II
Alokasi Waktu   : 4 x 40 menit 




I.  Standar Kompetensi         :
  • Mengetahui jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan.
II. Kompetensi Dasar            :
·         Menjelaskan ciri-ciri binatang yang halal dan haram dimakan.
·         Menjelaskan ketentuan-ketentuan menyembelih binatang.
·         Mempraktekkan tata cara menyembelih binatang.

III. Materi Pokok
      Binatang halal dan haram

IV. Indikator
a.    Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dimakan
b.    Menjelaskan jenis-jenis binatang yang haram dimakan
c.    Menjelaskan ciri-ciri binatang yang haram dimakan
d.   Menjelaskan  ketentuan dalam menyembelih binatang.
e.    Menjelaskan ha-hal yang disunahkan dan dimakruhkan dalam menyembelih binatang.
f.     Mempraktekkan cara menyembelih binatang

Kegiatan Guru
1. Pendahuluan
a.       Memberi salam
b.      Menyapa dan mengabsen siswa
c.       Melakukan appersepsi
d.      Memulai pelajaran dengan basmallah

2.  Kegiatan Inti
a.       Membantu siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis binatang yang halal dimakan
b.      Membantu siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis binatang yang haram dimakan
c.       Membacakan dasar hukum binatang yang halal dan haram dimakan dalam al-Qur'an
d.      Berdiskusi tentang ketentuan-ketentuan, sunah-sunah dan hal-hal yang makruh dalam menyembelih binatang.
e.       Tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan
f.       Mengelompokkan siswa
g.      Mengundi nama jenis-jenis binatang yang akan disembelih oleh masing-masing kelompok
h.      Masing-masing kelompok mempraktekkan penyembelihan sesuai dengan jenis binatang yang telah ditentukan.
i.        Setiap kelompok mengamati praktek menyembelih yang dilakukan oleh kelompok lain

3.  Penutup
a.                               Menyimpulkan materi bersama-sama
b.      Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
c.      Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya.

I.        Penilaian
1.      Pertanyaan lisan
2.      Ulangan harian
3.      Tes perbuatan

VII.     Sumber Belajar    : Buku Paket Fiqih MTs kelas 2 Drs. Amir Abyan, MA., VCD, dan LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar